Manajemen Pendidikan

Posted by Alexa On 14 Maret 2010 0 komentar
Manejemen berasal dari bahasa latin yaitu dari kata manus berarti tangan dan agree berarti melakukan, selanjutnya kata manus dan agere digabung menjadi managere yang berarti menangani. Managere diterjemahkan kedalam bahasa inggris dalam bentuk kata kerja to manage dan bentuk kata bendanya management serta manager untuk orang yang melakukan kegiatan manajemen. Kemudian kata management diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia menjadi manajemen atau pengelolaan (Usman.2008:4).
Unsur-unsur manajemen terdiri dari men, money, methods, materials, machines, and market yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan manusia, uang, metode, material, mesin dan pasar, unsur-unsur tersebut harus diatur agar lebih berdaya guna, berhasil guna, terintegrasidalam mencapai tujuan yang optimal. Dan semua ini diatur melalui beberapa proses dari urutan fungsi manajemen yaitu planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), directing (pengarahan), dan controlling (pengarahan).
Mengatur, mengelola dan mengurusi pada dasarnya memiliki pengertian yang sama. Pengaturan yang dimaksud, dilakukan melalui proses dan diatur berdasarkan urutan dari fungsi-fungsimanajemen. Karena manajemen berarti mengatur atau mengurusi, maka setiap urusan harus dilakukan dengan baik, rapid an kokoh.
Pengertian manajemen tersebut dapat kita temukan dalam ajaran islam pada Al-Qur’an Surat Ash-Shaaf [61] ayat 4:
Artinya: Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.
Berdasarkan ayat tersebut manusia harus bekerja keras dan berjuang dengan sungguh-sungguh.
Menurut Handoko pentingnya manajemen dalam kehidupan ini disebabkan beberapa hal, antara lain:
a. Pekerjaan itu berat dan sulit untuk dikerjakan sendiri sehingga diperlukan pembagian kerja.
b. Perusahaan akan berhasil baik jika manajemen diterapkan dengan baik.
c. Manajemen merupakan suatu pedoman pikiran dan tindakan.
d. Manajemen perlu untuk kemajuan dan pertumbuhan.
e. Manajemen mengakibatkan pencapaian tujuan secara teratur.
f. Manajemen selalu dibutuhkan dalam setiap kerjasama sekelompok orang.
Dalam ayat lain juga ditegaskan bahwa manusia akan menjadi umat yang baik manakala menyuruh kepada yang baik, mencegah kepada yang mungkar, dan didasari Iman kepada Allah Swt, sebagaimana firman-Nya dalam surat Ali’Imran [3] ayat 110:
Artinya: Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. sekiranya ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.
Penertian manajemen pendidikan menurut H. Muhroji dan Acmad Fathoni adalah merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian usaha-usaha personal pendidikan untuk mendayagunakan semua sumber daya dalam rangka mencapai sumber pendidikan.
Merupakan langkah tepat bagi bangsa Indonesia yang memprioritaskan pentingnya pendidikan dengan pengalokasikan anggaran 20% dari APBN untuk sector pendidikan, sebagaimana disebutkan dalam pasal 31 ayat (1) sampai dengan (5) UUD 1945.

0 komentar:

Poskan Komentar