Permintaan Agregat dan Penawaran Agregat

Posted by Alexa On 4 Mei 2011 0 komentar
          merupakan  Apakah yang dimaksud dengan ‘’analisis AD-AS’’? kata AD merupakan singkatan dari Aggrete Demand atau permintaan agregat, dan kata adalah ringkasan dari Agregate supply istilah atau penawaran agregat.
Dalam analisa  AD-AS  istilah penawaran agregat mempunyai pengertian yang sediki berbeda. Pertama , dalam anlisa AD-AS penawaran agregat diartikan sebagai penawaran  barang dan jasa yang dilakukan oleh perusahan-perusahan dalam suatu Negara.Berarti penawaran agregat sama dengan barang dan jasa yang ditawarkan (diproduksi) perusahaan- perusahaan, bersumber dari ciri pokok konsep tersebut. Dalam analisa AD-AS ciri agregat di kaitkan dengan tingkat harga. Kurva AS menerangkankan tentang pendapatan nasional yang akan diwujudkan perusahaan-perusahaanpada berbagai tingkat harga.
      Istilah permintaan agergat merupakan konsep yang baru. Permintaan agregat dapat didefinisikan sebagai tingkat pengeluaran yang akan dilakukan dalam ekonomi pada tbebagai tingkat harga. Dengan demikian arti ‘’ permintaan agregat’’ adalah sangat berbeda dengan ‘’pengeluaran agregat’’. Daripada analisis dalam bab-bab yang lalu dapat di simpulkan bahwa  pengeluaran agregat menggambarkan tentang hubungan yang akan dilakukan dalam perekonomian dengan pendapatan nasional. Dalam hubungan tersebut dimisalkan harga-harga tidak mengalami perubahan.
          Dari sifat-sifat permintaan agregat  (AD) dan penawaran agregat (AS) seperti yang diterangakan di atas dapat di simpulkan bahwa analisa AD-AS merupakan analisis keseimbangan ekonomi Negara dalam keadaan harga yang mengalami perubahan. Analisis tersebut bertujuan untuk melengkapi analisis penawaran agregat-pengeluaran agregat (Y= AE) yang diterangakan dalam Bab tiga hingga Bab enam.
          Dalam bab ini akan diterangakan aspek- aspek utama dari anlisa AD-AS. untuk tujuan tersebut akan diuraikan tiga aspek berikut . Pertama sekali akan diterangkan perkembangan pemikiran dalam analisis makroekonomi yang menyebabkan perkembangan analisa AD-AS. yang kedua , akan diterangkan hal-hal berikut : cara mewujudkan kurva AD . perubahan kurva AD, cirri- cirri kurva AD dan ciri- cirri kurva AS. Aspek terakhir yang akan diterangkan adalah penentuan keseimbangan AD-AS dan perubahan-perubahannya. Analisa keseimbangan ini akan dilengkapi dengan  contoh angka.

0 komentar:

Poskan Komentar